Sabtu, 17 Maret 2018

Pengertian, Fungsi dan Jenis Antena Dalam Jaringan

  Assalamualaikum Wr.Wb.
   Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan informasi mengenai salah satu komponen perangkat pendukung dalam suatu jaringan (internet) yaitu Antenna.
A. Pengertian
   Antena adalah sebuah transformator/struktur transmiisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Intinya, Antena adalah perangkat yang digunakan sebagai pemancar atau penerima sinyal radio lewat udara.
B. Latar Belakang
   Jaringan berfungsi untuk menghubungkan atau mengkoneksikan antara satu tempat ke tempat lain yang berjauhan. Untuk menghubungkan jaringan-jaringan tersebut diperlukan sebuah alat yang mampu menerima dan mengirim sinyal ke tempat lain dengan lebih efisien dan mudah dikonfigurasikan, maka dipergunakanlah Antena dalam jaringan.
C. Maksud dan Tujuan
   Supaya lebih paham mengenai konsep dan macam-macam Antenna dalam jaringan.
D. Pembahasan
   Jika ingin menggunakan sebuah Antena dalam jaringan, kita perlu mengerti bentuk, fungsi dan macam-macamnya. Oleh karena itu, berikut ini penjelasannya.
  1. Omni Directional Antenna
 Biasa disebut sebagai antena nondirectional, adalah sebuah perangkat yang fungsinya untuk mengirim dan menerima sinyal dari segala arah. Antena ini dapat digunakan untuk menerima sinyal siaran TV ataupun siaran radio. Antena jenis ini mempunyai sudut pancaran yaitu 360 derajat dengan daya pelayanan area yang luas.



   Berikut adalah daya pancar dari jenis Antena ini.

   2. Flat Panel Antenna
  Biasa digunakan di luar ruangan atau outdoor dan memiliki frequensi jaringan yaitu 5 s/d 5,8 Ghz serta fokus jangkauan kurang lebih 10 derajat.
    Berikut adalah daya pancar dari jenis Antena ini.
   3. Sectoral Antenna
 Sama halnya dengan Flat Panel Antenna, antena jenis ini cocok digunakan untuk outdoor. Namun, frequensi dari antena sektoral yaitu 2,4 Ghz dan memiliki jangkauan 90 dan 120 derajat.
    Berikut adalah daya pancar dari jenis Antena ini.
   4. Grid Antenna
  Dengan frekuensi 2,4 Ghz dan 5,8 Ghz, serta memiliki jangkauan yang fokus seperti antena flat. Antena jenis ini biasa digunakan untuk jaringan point to point jarak menengah.
    Berikut adalah daya pancar dari jenis Antena ini.
   5. Solid Disc Antenna
 Biasa disebut dengan satelite dish atau parabola, merupakan antena yang dirancang untuk menerima sinyal elektromagnetik dari satelit yang mengirimkan transmisi data atau siaran. Piringan parabolic mengarahkan sinyal ke titik fokus piringan dan perangkat yang terpasang di titik fokus piringan disebut dengan feedhorn. Biasanya digunakan untuk aplikasi
point to point untuk jarak yang jauh.
    Berikut adalah daya pancar dari jenis Antena ini.
E. Kesimpulan
   Dengan Tunnel, kita dapat menambah dan memperkuat lalu lintas jaringan yang kita gunakan sehingga paket data atau data yang kita kirimkan tidak terganggu dan terancam dari resiko keamanan dalam jaringan.
F. Referensi
  - Materi Mikrotik MTCNA-05-2012.pdf
  - https://id.wikipedia.org/wiki/Antena_(radio)
  - https://en.wikipedia.org/wiki/Omnidirectional_antenna
  - https://en.wikipedia.org/wiki/Panel_antenna
  - https://en.wikipedia.org/wiki/Sector_antenna

   Cukup sekian artikel mengenai Pengertian, Fungsi dan Jenis Antenna Dalam Jaringan yang dapat Saya sampaikan, semoga bermanfaat bagi Diri Anda dan Diri Saya pribadi.
  Wassalamualaikum Wr.Wb.
Previous Post
Next Post

0 komentar: