Sabtu, 31 Maret 2018

Mengenal MTCNA (MikroTik Certified Network Associate)


  Assalamualaikum Wr.Wb.
   Pada artikel kali ini, Saya akan memberikan informasi mengenai salah satu sertifikasi pada Mikrotik yaitu MTCNA atau MikroTik Certified Network Associate.
A. Pengertian
   MTCNA adalah sertifikasi networking pada level dasar (associate) yang diperuntukkan bagi siapapun yang ingin mendalami teknologinya Mikrotik. Bukan hanya teknologinya saja yang dipelajari, tapi juga perangkatnya Mikrotik yaitu Routerboard.
B. Latar Belakang
   Saat ini, MTCNA menjadi salah satu persyaratan bagi engineer yang ingin terjun ke dunia teknologi informasi khususnya networking atau jaringan. Dengan memiliki MTCNA, engineer memiliki prospek pekerjaan yang kompetitif untuk kedepannya.
C. Maksud dan Tujuan
   Supaya lebih mengerti dan paham dengan salah satu bentuk sertifikasi Mikrotik.
D. Pembahasan
   MTCNA merupakan sertifikasi networking pada level dasar, sehingga materi yang akan didapatkan berupa pengenalan perangkat keras Mikrotik yaitu RouterBoard beserta fitur-fiturnya, dan juga software atau perangkat lunak dari Mikrotik yaitu RouterOS.
   Untuk mendapatkan sertifikat MTCNA, kita diharuskan mengikuti Ujian atau Exam MTCNA. Dan untuk mengikuti Ujian MTCNA, kita diharuskan pula untuk mengikuti training MTCNA.
   Materi yang dibahas dalam training MTCNA, yaitu.
  • Module 1 : Introduction
  • Module 2 : DHCP
  • Module 3 : Bridging
     
  • Module 4 : Routing
     
  • Module 5 : Wireless
     
  • Module 6 : Firewall
     
  • Module 7 : QOS
     
  • Module 8 : Tunnels
     
  • Module 9 : Misc
   Jika kesemua materi sudah dibahas pada saat training, maka dilanjutkan dengan ujian MTCNA. Untuk lulus ujian MTCNA, kita harus mendapatkan score diatas 60 dari nilai total 100. Jika dibawah 60, maka tidak lulus ujian MTCNA dan jika nilai 50-59, maka dapat kesempatan kedua atau retake ujian ulang. Lama waktu ujian adalah 60 menit, dengan soal ujian 20-25 soal.
   Masa aktif MTCNA adalah 3 tahun, setelah itu bisa re-exam MTCNA lagi atau bisa ngambil ujian diatasnya sebelum masa aktifnya habis.
E. Kesimpulan
   Dengan mengambil training dan ujian MTCNA, kita dapat mengenal dan memperdalam lebih jauh pemahaman tentang Mikrotik. Dan jika kita sudah lulus MTCNA, kita dapat mengikuti training dan ujian diatasnya yaitu MTCRE, dll.
F. Referensi
  - http://intra.id/2017/05/tanya-jawab-mikrotik-mtcna/
Previous Post
Next Post

0 komentar: